Technologue.id, Jakarta - Iklan terbaru iPad Pro menuai kecaman dari publik. Untuk meredam tensi kemarahan warganet, Apple pun menyampaikan permohonan maaf atas dugaan penghancuran kreativitas dan seni manusia oleh teknologi.
Dalam pernyataan kepada AdAge, Wakil Presiden Komunikasi Pemasaran Apple, Tor Myhren, meminta maaf. "Kreativitas merupakan bagian dari DNA kami di Apple, dan sangat penting bagi kami untuk merancang produk yang memberdayakan para kreator di seluruh dunia. Tujuan kami adalah untuk selalu merayakan berbagai cara pengguna untuk mengekspresikan diri dan mewujudkan ide-ide mereka melalui iPad," kata Myhren.
Baca Juga:
Apple Rilis iPad Pro Terbaru dengan Chip M4 dan Layar OLED
"Kami melewatkan sasaran dengan video ini, dan kami minta maaf."
Iklan tersebut, yang diposting di media sosial pada Selasa oleh CEO Apple Tim Cook, mendapat kritik keras dari pengguna internet. Iklan tersebut menampilkan simbol-simbol kreativitas manusia, seperti alat musik, kaleng cat, permainan video arcade tahun 80-an, dan patung kepala manusia yang hancur oleh sebuah press hidrolik raksasa. Saat lempengan logam press hidrolik naik, iPad Pro baru Apple terungkap.
"Temui iPad Pro baru: produk teringan yang pernah kami buat, layar tercanggih yang pernah kami hasilkan, dengan kekuatan luar biasa dari chip M4. Bayangkan semua hal yang akan digunakannya untuk membuat," tulis Cook dalam sebuah posting di X yang menyertai video tersebut.
Reaksi keras dari internet terhadap iklan tersebut langsung muncul: "Simbolisme meremehkan menghancurkan alat-alat kreatif yang indah adalah pilihan yang menarik," tulis seorang pengguna media sosial.
Baca Juga:
Geser Apple, Samsung Jadi Pabrikan Smartphone Terlaris 2024
"Iklan ini efektif meyakinkan saya bahwa saya membutuhkan lebih sedikit teknologi dalam hidup saya," tulis yang lain.
Pengguna lain mengatakan bahwa iklan tersebut tidak pantas di tengah-tengah kekhawatiran yang berkembang bahwa kecerdasan buatan bisa menggantikan pekerja - bahkan mereka di bidang kreatif. Aktor Hugh Grant menulis di media sosial bahwa iklan Apple mewakili "penghancuran pengalaman manusia."
Apple tidak lagi berencana untuk menayangkan iklan tersebut di TV, menurut AdAge. Meski sudah menghanturkan permintaan maaf, namun iklan tersebut tidak dihapus dari akun X Cook.