Technologue.id, Jakarta - Halodoc meluncurkan aplikasi "Bidanku" yang akan membantu bidan di Indonesia memaksimalkan peningkatan kualitas kesehatan ibu dan anak melalui smartphone.
Dikembangkan sejak pertengahan 2021, Bidanku telah digunakan oleh bidan-bidan di berbagai wilayah Indonesia seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, hingga Papua.
Baca Juga:
Halodoc Perkuat Pelayanan Mitra Dokter Menuju Integrasi Sistem Kesehatan
Jonathan Sudharta, CEO & Co-Founder Halodoc, mengatakan bahwa peranan bidan dalam bantu jaga kesehatan Ibu dan Anak menjadi sangat penting di tengah kondisi penyebaran jumlah dokter dan fasilitas kesehatan yang belum merata di Indonesia.
"Mengingat peran vital Bidan dalam menjaga kesehatan keluarga, Halodoc menghadirkan solusi inovasi untuk mempermudah Bidan menghadapi berbagai tantangan dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak," tutur Jonathan, dalam sesi konferensi pers online, Kamis (3/2/2022).
Bidanku memiliki tiga fitur utama, yaitu fitur pengingat pasien otomatis dan ringkasan kesehatan, manajemen pasien, dan in-app education library.
Aplikasi ini bisa membantu bidan untuk memantau kunjungan kembali pasien hingga mempermudah administrasi dalam satu klik.
Baca Juga:
Halodoc Raih Pendanaan Seri C Rp1 Triliun
Di sisi lain, Dr. Emi Nurjasmi, M.Kes., Ketua Umum Ikatan Bidan Indonesia (IBI) turut mengungkapkan pentingnya implementasi teknologi kesehatan dalam mendukung kualitas bidan guna mewujudkan Indonesia Sehat 2045.
"Bidan menjadi tenaga kesehatan yang strategis karena berada di tengah masyarakat. Platform digital akan mempermudah tugas bidan, memberikan hak masyarakat untuk mendapatkan informasi kesehatan secara realtime," ungkap Dr. Emi.
Kedepannya, keberadaan telehealth diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat. Aplikasi Bidanku ini akan semakin memperkuat ekosistem teknologi Halodoc yang sudah ada saat ini yaitu untuk menyederhanakan akses kesehatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.