Technologue.id, Jakarta - Perusahaan asuransi Allianz meluncurkan update aplikasi digital untuk tenaga pemasar atau agen asuransi. Aplikasi bernama Allianz Discover ini bertujuan untuk mempermudah pelayanan dan proses transaksi dengan nasabah secara digital. Sejak diluncurkan pertama kali di Januari 2015, aplikasi penjualan propietary dari Allianz ini telah mengalami beberapa pengembangan. Allianz Discover kini menjadi sales store terlengkap yang tidak hanya melayani pengajuan surat permohonan asuransi jiwa secara online saja, namun juga lebih mengutamakan customer journey. "Allianz Discover akan melengkapi pengalaman nasabah saat berinteraksi dengan Allianz. Ini merupakan solusi bahwa tenaga pemasar tidak hanya menjual produk tetapi juga pengalaman yang menyenangkan dan interaktif. Di beberapa touch points, kami berikan kemudahan," tutur Karin Zulkarnaen, Head of Market Management Allianz Life Indonesia, saat jumpa media, di kantor Allianz Tower, Jakarta, Selasa (12/2/2019).
Baca Juga: Asuransi FWD Life Perkuat Layanan Digital bagi Korporat
Fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi ini dapat membantu tenaga pemasar dan nasabah menentukan jenis perlindungan yang sesuai kebutuhan dan bujet. Ditambahkan Ginawati Djuandi, Chief Agency Officer Allianz Life Indonesia, seluruh proses interaksi dan transaksi bisnis akan lebih transparan dan cepat. "Saat mau submit aplikasi, mereka kan dulu harus kirim melalui kurir. Tapi dengan perkembangan teknologi, bisnis (asuransi) semua ada di tangan tenaga pemasar, mulai dari melihat status nasabah, data nasabah, hingga status klaim," ujar Gina.Baca Juga: Passpod Gandeng Simas Insurtech, Hadirkan Produk Asuransi Perjalanan
Perusahaan asuransi asal Jerman ini juga telah memasukkan fitur-fitur digital lainnya ke dalam aplikasi ini, antara lain expert underwriting system dan Allianz easy payment. Sistem underwriting otomatis ini mengotomatisasi proses pengajuan asuransi jiwa dari calon nasabah agar dapat dilakukan dengan lebih mudah, cepat, kapan dan dari mana saja. Pengembangan Allianz Discover selaras dengan strategi transformasi digital yang dilakukan perusahaan di ranah pelayanan, terutama pada titik pertemuan antara nasabah dan tenaga pemasar. Di akhir Desember 2018, tenaga pemasar yang sudah menggunakan aplikasi penjualan ini, dikatakan Gina, sudah melebihi 65 persen submission.