Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Agate Ungkap Tren Gamifikasi yang Semakin Berkembang di 2024
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Agate, studio game asal Bandung baru-baru ini mengungkap tren gamifikasi yang diprediksi semakin berkembang di masa yang akan datang.

Perlu diketahui bahwa gamifikasi bukan sekadar hiburan, melainkan kunci untuk mengoptimalkan interaksi pasar, memperkuat merek, dan meningkatkan produktivitas di tempat kerja. Gamifikasi didesain sesuai kebutuhan perusahaan untuk meningkatkan performa bisnis mereka.

Baca Juga:
Aturan Berlangganan Baru X Diklaim Bisa Rugikan Penggunanya

Beberapa tren gamifikasi yang akan semakin berkembang di tahun 2024 adalah sebagai berikut:

Pertumbuhan In-App Gamification
Elemen game dalam aplikasi non-game mendorong otak pengguna untuk melepaskan dopamin. Dengan demikian, pengguna ingin berinteraksi dengan aplikasi gamifikasi lebih lama untuk mendapatkan lebih banyak pencapaian dan menikmati perasaan pencapaian.

Penggunaan AI untuk Personalisasi Pengalaman Gamifikasi
Artificial Intelligence (AI) dalam gamifikasi mempersonalisasi pengalaman melalui analisis data pengguna, mengadaptasi gameplay secara real-time, memberikan umpan balik yang cerdas, menghasilkan konten yang disesuaikan, menawarkan analisis data yang mendalam, dan mengotomatiskan proses manajemen, meningkatkan keterlibatan dan hasil pembelajaran.

Penggunaannya dapat berupa Chatbot gamifikasi berbasis avatar untuk pemasaran dan Platform Pembelajaran Korporat Gamifikasi Berbasis Data.

Virtual Events
Gamifikasi dalam acara perusahaan adalah salah satu tren yang paling menarik karena dapat menggabungkan musik secara live hingga permainan real-time yang interaktif.

Gamifikasi dalam Pertumbuhan Karyawan
Gamifikasi dalam sistem manajemen pembelajaran meningkatkan kinerja siswa sebesar 34,75%, dengan pendekatan berbasis tantangan yang meningkatkan hasil hingga 89,45%.

Gamifikasi meningkatkan retensi hingga 90% dengan melibatkan siswa secara aktif. Studi menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam periode retensi (50%) dan nilai ujian (40%) dengan gamifikasi sosial dalam pendidikan online.

Permainan digital meningkatkan efisiensi otak, meningkatkan keterampilan visuospasial dan perhatian. Studi lainnya pun menunjukkan bahwa bermain game dapat meningkatkan keterampilan kognitif, memori, dan kontrol impuls.

Head of Level Up powered by Agate Junialdi Dwijaputra menyampaikan, “Level Up powered by Agate telah mengembangkan solusi lengkap dimulai dari 'turn-key' dan ‘custom-gamification’ untuk membantu bisnis mengadopsi gamifikasi dengan mudah".

Baca Juga:
TWS Ini Cocok Buat Kaum Rebahan yang Suka Nonton TV

"Dengan pengalaman kami berkolaborasi dengan perusahaan di berbagai macam sektor industri, kami membuat pendekatan dan framework sehingga gamifikasi yang akan diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan bisnis," katanya.

Agate memperkenalkan Level Up Gamification Framework, sebuah model inovatif yang mengintegrasikan teori akademis dan implementasi praktis. Framework (kerangka kerja) ini dirancang untuk membantu perusahaan memanfaatkan potensi penuh gamifikasi dalam pengembangan merek dan pertumbuhan strategi sumber daya manusia.

SHARE:

Faktor-faktor yang Menunjang Nvidia Kuasai Pasar AI

Libatkan Industri Perbankan, Pemerintah Putus Aliran Dana Transaksi Judol