
Technologue.id, Jakarta - Berdasarkan riset Toluna pada tahun 2024, pembeli berbelanja kebutuhan Ramadan pada semua fase, yaitu sebelum, saat, dan setelah Ramadan. 75% responden bahkan sudah aktif mencari inspirasi, tips, dan ide hadiah Ramadan 1-2 minggu sebelum Ramadan dimulai.
"Artinya, ada peluang yang besar bagi pelaku usaha termasuk UMKM untuk menaikkan pendapatan di bulan Ramadan," ujar Teddy, SMB Education and Engagement Lead Tokopedia and TikTok E-commerce.
Baca Juga:
Tren Awal Tahun, Produk Olahraga Paling Laris di Tokopedia dan ShopTokopedia
5 Tips Penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia Naikkan Pendapatan di Ramadan
Tokopedia dan ShopTokopedia melalui Teddy dan sejumlah pelaku usaha membagikan tips memaksimalkan persiapan bisnis menjelang bulan Ramadan untuk mengoptimalkan pendapatan.
- Jaga ketersediaan stok
Teddy menuturkan, penjual sebaiknya menjaga ketersediaan stok pada semua fase, yaitu sebelum, saat, dan setelah Ramadan untuk mempertahankan pembeli. Pastikan produk, khususnya yang paling laris, memiliki stok yang cukup termasuk saat terjadi lonjakan pesanan di bulan Ramadan. Manfaatkan juga fitur-fitur penjualan yang bisa memberikan informasi produk populer berdasarkan kategori dan lokasi penjual, serta kata kunci yang paling sering digunakan pembeli.
Brand lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia, Bittersweet by Najla, melalui pemiliknya Ala Bisyir, mengatakan, "Penjualan kami di Ramadan bisa naik 200%, maka sangat penting memperbanyak stok produk agar mencukupi permintaan pembeli yang meningkat signifikan di momen besar ini. Kami biasanya memproyeksi kebutuhan stok dari beberapa bulan sebelum Ramadan sekaligus Ramadan tahun sebelumnya."
- Gabung kampanye khusus Ramadan Ekstra Seru
“Bergabung dalam kampanye kolaborasi Tokopedia dan ShopTokopedia, Ramadan Ekstra Seru, bisa menjadi salah satu strategi meningkatkan penjualan di bulan Ramadan," jelas Teddy. Penjual bisa menawarkan sederet penawaran menarik, seperti gratis ongkir, flash sale setiap hari, diskon khusus saat live streaming, kejutan voucher setiap hari, dan masih banyak lagi. Eksposur dan penjualan pelaku usaha terbukti meningkat berkat kampanye Ramadan Ekstra Seru.
Pemilik Usaha Hijrahfood Meatshop, Akram Amrullah Rajab, mengatakan, "Berkat ikut kampanye Ramadan Ekstra Seru 2024, penjualan naik 3 kali lipat. Penjualan daging rendang bahkan melonjak 10 kali lipat."