Technologue.id, Jakarta - Memasuki penghujung tahun, media sosial Twitter merangkum kejadian yang ramai diperbincangkan sepanjang tahun 2019. Dalam acara #RameDiTwitter 2019, Twitter mengumumkan beragam topik dari Indonesia yang paling banyak di-Retweet oleh pengguna di Indonesia dan menjadi viral. Communication Lead Twitter Indonesia, Cipluk Carlita, mengungkapkan, setahun terakhir banyak orang yang kembali ke Twitter dan lebih banyak menghabiskan waktu di platform berbasis conversation ini. "Dibandingkan satu tahun sebelumnya, yaitu 2018, terjadi peningkatan (engagement) 5 kali lebih banyak. Misalnya, orang menghabiskan lebih banyak waktu di Twitter dibandingkan tahun lalu. Misal tahun lalu 1 menit sekarang jadi 5 menit di Twitter," kata Cipluk di Jakarta, Selasa (10/12/2019)
Baca Juga: Twitter Perkenalkan Fitur Sembunyikan Balasan
Berbagai momen pun telah disaksikan media sosial dengan logo biru ini. Mulai dari fenomena sosial, olahraga, hingga politik. Dari cerita horor #KKNDesaPenari, kepergian salah satu superhero kesayangan di film #AvengersEndGame, dukungan untuk tim nasional sepakbola melalui #TimnasDay, hingga momen #Pemilu2019; berbagai cerita meramaikan linimasa Twitter di Indonesia tahun ini. Inilah 10 tagar terpopuler digunakan masyarakat Indonesia tahun ini. 1. #Agnezmo - Sepertinya tahun ini menjadi tahunnya Agnes Monica (@agnezmo). Dari pujian terkait berbagai prestasi dan penghargaan internasional yang diraihnya, dukungan penggemar untuk lagu-lagu yang ia luncurkan, hingga komentar warganet tentang apapun yang ia lakukan; menjadikan musisi kelahiran Indonesia ini populer di kalangan pengguna Twitter di Indonesia. 2. #FotoProfilBaru - Tagar #FotoProfilBaru muncul setelah adanya fitur Twitter baru yang mengajak masyarakat untuk nge-Tweet dengan tagar tersebut setelah mengganti foto profil mereka. Bahkan ada juga yang berbagi alasan kenapa mereka menggantinya. 3. #Pemilu2019 - Untuk pertama kalinya dalam sejarah Indonesia, pemilih tidak hanya memilih presiden dan wakil presiden, tapi juga anggota legislatif; menjadikannya Pemilu satu hari terbesar di dunia.Baca Juga: Twitter Tunda Rencana Penghapusan Akun
4. #RecehkanTwitter - Berisi berbagai Tweet kocak tentang kejadian sehari-hari, tagar ini digunakan untuk berbagi beragam humor lucu di Twitter. Tagar ini menjadi bukti, bahwa Twitter masih menjadi tempat untuk mencari informasi atau hiburan bersifat real time. 5. #Gosip90an - Mengacu pada beragam hal, tokoh, dan momen-momen yang populer pada di era 1990-an; tagar #Gosip90an mengajak kita kembali ke masa lalu dengan beragam foto lucu mengesankan dan membuat masyarakat Twitter bernostalgia. 6. #Jokowi - Selama tahun 2019, Presiden Joko Widodo menuai banyak percakapan; mulai dari rangkaian pemilu, terpilihnya kembali beliau sebagai Presiden Indonesia untuk kedua kalinya, dan juga saat pengumuman Kabinet Indonesia Maju. Beliau juga sesekali mengabadikan momen dengan keluarganya melalui Twitter. 7. #MataNajwa - Pembawa acara TV dan jurnalis; Najwa Shihab (@NajwaShihab) menjadi salah satu tokoh terkemuka di Indonesia dalam pembahasan beragam isu penting di Indonesia sepanjang 2019. Tagar #MataNajwa adalah tagar yang digunakan untuk membicarakan mengenai program talk show yang dibawakannya. 8. #SobatAmbyar - Tagar ini menggambarkan suasana hati dan ekspresi para penggemar Didi Kempot (@didikempotid), penyanyi campursari yang popularitasnya di ranah musik Tanah Air semakin menanjak tahun ini. Tagar ini berasal dari “Sobat Ambyar,” nama dari komunitas penggemarnya dan seringkali muncul di Twitter setiap kali Didi Kempot sedang tampil menghibur mereka. 9. #Gundala - Pada Agustus 2019, Twitter meluncurkan emoji pertama untuk film Indonesia untuk dua film layar lebar: #Twivortiare dan #Gundala. Percakapan seputar film aksi yang berbasis komik ‘Gundala Putra Petir’ karya Harya Suraminta dan disutradarai oleh Joko Anwar ini, meramaikan Twitter karena alur cerita yang mengedepankan tokoh superhero asli Indonesia serta para aktor-aktris ternama yang bermain di film tersebut. 10. #DariHaltekeHalte - Mendukung perkembangan bisnis lokal, tagar ini dipopulerkan oleh komunitas ‘Dari Halte ke Halte’ (@drhaltekehalte) untuk berbagi informasi tentang restoran dan kafe baru, serta tempat-tempat menarik untuk dikunjungi di Jakarta; khususnya yang berlokasi di dekat halte bus Trans Jakarta, dan stasiun MRT, LRT dan kereta api. Semakin populer di Twitter di tahun 2019; akun @drhaltekehalte juga mengajak masyarakat untuk menggunakan transportasi umum.